Kamis, 08 November 2012

WEBSITE

1.Apa yang dimaksud desain web?Sekumpulan keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam membangun dan memelihara sebuah website.  SUMBER: www.satriamulitimedia.com

2. apa fungsi desain web? 

-fungsi komunikasi
komunikasi pada umumnya adalah web dinamis
-fungsi informasi
menekankan pada kualitas konten, karena tujuan situs inin menyapaikan isinya.  SUMBER:id.scribd.com

3. Bagaimana prinsip-prinsip membuat desain web yang baik?

  • 1. Unik
    Unik yang dimaksud yaitu kesadaran seorang designer untuk tidak meniru atau menggunakan ciptaan orang lain.
    2. Komposisi
    Komposisi yang dimaksud yaitu memahami komposisi, baik bentuk maupun warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya.
    3. Simple
    Dimaksudkan simple yaitu agar tampilanwebsite terlihat rapi, bersih dan informatif.
    4. Semiotik
    Maksudnya yaitu diharapkan agar pengunjung dapat dengan dengan mudah dan cepat mengerti ketika melihat tanda dan gambar yang ada dalam suatuwebsite.
    5. Ergonomis
    Ergonomis yang dimaksud adalah kecepatan yang akan diperoleh pengunjung dalam mencari informasi SUMBER:http://thaajah.blogspot.com

4. Apa kriteria situs web?

1. Waktu loading yang cepat

Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama. Apabila wesite Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website Anda. Biasanya ini terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.
‎"April 1999 hasil penelitian yang dilakukan Zona Research menyebutkan bahwa 80% pengunjung akan menutup browser apabila halaman web yang ia buka ga tampil dalam 7-8 detik. Dan penelitian Jupiter Media Metrix ditahun 2001 mengatakan bahwa 40% pengunjung akan kembali mengunjungi situs yang tampil lebih cepat."
2. Tidak memiliki halaman antara
Halaman antara adalah halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama ditampilkan yang biasanya disebut dengan Splash Page atau Intermission. Halaman seperti ini biasanya berisi ucapan selamat datang atau bahkan iklan. Halaman seperti ini sering ditemukan, seringkali hanya berisi logo website dengan tulisan “Click here to Enter Site” di bawahnya. Hal ini sungguh mengganggu bagi pengunjung website Anda.
3. Tidak memuat file multimedia yang terlalu banyak
Video dan audio adalah konten multimedia yang cukup mengganggu pengunjung dan memang tidak efektif. Biasanya pengunjung akan langsung mengecilkan volume atau bahkan menutup website Anda. Apabila file multimedia memang diperlukan, buat agar file tersebut tidak langsung dijalankan pada saat website dibuka dan tambahkan link untuk mengaktifkan file multimedia tersebut.
Bentuk lain yang cukup mengganggu adalah gambar animasi, sebisa mungkin tempatkan gambar animasi di luar konten utama website Anda sehingga pengunjung tidak terganggu ketika berusaha membaca konten tersebut.
4. Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas
Pengunjung akan segera meninggalkan website Anda jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website Anda. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda.
Tempatkan tautan ini pada tempat yang mudah dijangkau dan jelas terlihat. Hindari pemuatan tautan yang menuju halaman website yang masih dalam pengembangan. Sebagai alternatif, berikan pesan yang menyebutkan bahwa halaman tersebut akan dapat diakses pada jangka waktu tertentu.
5. Memiliki desain dengan struktur yang tepat
Tentukan struktur penempatan konten website seperti header, footer, menu navigasi dan blok iklan. Usahakan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak dibuat bingung dengan misalnya, menu yang berpindah-pindah.   SUMBER:Rynoedin's.blogspot.com


5.Sebutkan rancangan website?

  1. Blog. Blog adalah sebuah buku harian yang di publikasi di internet. di sebut juga dengan weblog, namun lebih familiar dengan sebutan blog. Seorang pengelola blog dapat dengan bebas menuangkan pikirianya dalam bentuk tulisan ke dalam jenis website ini. Tulisan tersebut selanjutnya disimpan dan di publish ke internet. Fokus situs ini adalah memanajemen artikel. Contoh layanan yang memberikan pembuatan blog Blogger.com, wordpress.com, wordpress.org, multiply.com. Contoh blog yaitu seperti website yang sedang anda baca ini.
Social Networking. Situs social networking adalah situs yang memberikan member-membernya untuk saling berinteraksi satu sama lain dan bertukar pikiran serta berbagi informasi dalam dunia maya. Di dalam website ini sesama member dapat saling berkenalan dan menjalin relasi satu sama lain. Pertukaran pesan dan testimonial pun terjadi diantara member yang belum atau sudah menjalin relasi. bahkan membernya bisa chat langsung dengan member lain.
Fokus situs ini adalah friend relationship atau berteman dan berkomunitas di dalam internet. contohnya adalah yang sangat populer dan anda pasti punya akunnya yaitu Facebook.com, selain itu myspace.com, bebo.com, plurk.com, friendster, hi5.com, orkut.com.
  1. Social Bookmarking. Situs bookmarking merupakan situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan, menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet. Situs ini banyak di gunakan para blogger untuk menyebarluaskan artikel mereka dan mendapat kunjungan/traffic web gratis dari jenis web ini. situs ini juga bisa meningkatkan pagerank suatu website. Situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com, StumbleUpon.com, Del.icio.us, twitter.com.
  1. Minisite. Minisite merupakan web yang biasanya hanya terdiri dari beberapa halaman. Halaman index, Contact, Tentang website, dan Produk. Website ini hanya menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS. Isinya adalah berupa penawaran produk yang dijual oleh internet marketer. Dan dilengkapi dengan tombol beli. Bagi anda yang memulai menjual produk berupa buku elektronik, sofware, atau apapun dalam bentuk digital setidaknya memiliki jenis website ini untuk menawarkan produk anda. Fokus website jenis ini adalah menjual produk digital.SUMBER:PESUTWEB.COM

6.SEBUTKAN MACAM-MACAM PROGRAM WEB DESIGN?

a) SeaMonkeySeaMonkey dikembangkan oleh Mozilla Foundation. SeaMonkey merupakan “all-in-one” web browser yang sederhana namun canggih untuk editor HTML.b) KompoZer.KompoZer adalah fully-featured web authoring system yang terpadu klien FTP yang intuitif dan support untuk semua sistem operasi.c) NOTEPAD++.NotePad ++ merupakan aplikasi open source yang sangat popupler sebagai editor teks untuk Windows. Walaupun tidak hanya semata-mata untuk web designer tetapi aplikasi ini memiliki “source code editor” yang mendukung editor HTML, XML, CSS, dan JavaScript.d) Bluefish Editor.Bluefish Editor adalah aplikasi yang ringan dan cepat untuk proses editor yang ditujukan untuk perancang dan programer web. Mempunyai fasiltas Wizards yang berguna untuk pembuatan dokumen HTML.e) Quanta Plus.Quanta Plus adalah pengembangan Web IDE. Quanta Plus sangat extensible dan dapat menjalankan skrip kustom.Aplikasi ini sangat baik untuk editor css karena memiliki kode hints dan auto komplet sintaks.  SUMBER:lookupmens.blogspot.com

7. Apa yang dimaksud HTML?

HyperText Markup Language – bahasa standar yang digunakan browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada Web. Selain memungkinkan komputer berkomunikasi, HTML juga menyediakan link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang jauh    SUMBER:www,goole.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar